Rabu, 04 Maret 2015

Tips memadukan kebaya pernikahan dengan kebaya Ibu! (Calon pengantin diharap masuk)

ini dia kombinasi biru dan silver kebaya saya


Beberapa hari yang lalu, ada teman saya yang menghubungi saya lewat FB chat. Tanya tentang kebaya saya waktu nikah dulu. Dia tertarik sama perpaduan warna kebaya saya dengan warna kebaya Ibu, kakak dan Ibu mertua saya.

Seperti yang ada di foto di atas, perpaduannya yaitu warna biru dongker dengan warna silver. Pertimbangan saya dulu memilih kombinasi warna ini tu simple banget. Karena kebaya saya sendiri sudah agak gelap, jad i untuk kebaya Ibu cari warna yang cerah. Selain itu, tujuan lainnya ya biar kelihatan bagus hasil fotonya. Hahaha... Karena memang dari awal itu yang saya inginkan. 

Memang sih ada beberapa orang yang pernah saya datengin kondangan, komposisi warna antara kebaya pengantin, kebaya Ibu dan Ibu mertua, bridesmaid, kurang cocok. Di sini bukan berarti punya saya yang paling bagus dari yang lain. Tidak hlo ya...

Konsep pernikahan saya dulu sebenarnya bukan yang paling bagus dan "wah". Saya rasa banyak yang lebih "wah" dari saya. Di sini saya hanya sharing dan memberi tips buat kalian yang mungkin masih bingung dengan memadukan warna.

Banyak orang biasanya memilih warna kebaya untuk Ibu dan Ibu mertua dengan warna yang hampir senada dengan warna kebaya pengantin. Menurut saya, belum tentu itu bagus. Apalagi bagus untuk hasil fotonya ya. 

Saya beri contoh, misal warna kebaya pengantin warna merah maroon. Untuk kebaya Ibu, jangan dipilihkan warna merah bata atu merah muda. Tipsnya, pilihlah sesuai dengan payet dari kebaya pernikahan kita. Misal merah tadi, biasanya payetnya yaitu kalau tidak warna kuning ya gold. Berarti kita bisa pilihkan kebaya ibu warna yang mendekati warna kuning atau gold tadi. Bahkan menggunakan warna tersebut juga bisa. Jadi bagus komposisinya. Yang penting juga sesuaikan dengan selera. Karena bukan berarti harus mirip dengan apa yang saya katakan di atas ya.

Tips yang lain, Usahakan pilih dulu kebaya pengantin untuk kita. Jangan langsung membeli kebaya untuk Ibu kalau kamu saja belum menentukan mau warna apa. Datang dulu ke tempat rias dan sewa bajunya. Pilih mana yang kamu rasa cocok dan pas. Nah setelah yakin dengan pilihan kamu, baru deh cari kain kebaya buat Ibu.

Tips selanjutnya, tentukan tema.Kamu maunya tema bajunya nya warna apa. Nanti dekorasi pelaminannya mau warna yang seperti apa. Backdropnya warna apa. Bunga dekornya mau seperti apa. Itu semua harus kalian pikirkan dulu. Seperti yang sudah saya bilang, tentukan komposisinya.

Saya beri contoh lagi ya. Misal kamu memilih warna kebaya pernikahan warna merah maroon. Minta sama tim dekorasinya untuk memilihkan warna yang cocok dipadukan dengan warna kebaya tadi. Mungkin bisa saja kalian pilih dekorasi dengan warna putih. Usahakan jangan memilih dekorasi gebyok dengan warna yang gelap apabila kebaya kalian warnanya juga gelap. karena nanti kesannya jadi gelap semua. Sebenarnya dulu gebyok saya warnanya juga gelap, soalnya sudah bawaan dari tempat gedungnya. Jadi ya, apa boleh buat. Tapi engga perlu khawatir, masih bisa diakali dengan warna bunga dekorasinya kok.


bunga dekorasi bs mnambah warna dan smkin mempercantik dekorasi pelaminan

Dekorasi putih kan warnanya netral, jadi dipadukan dengan warna apa saja cocok. Nah, nanti untuk membuatnya tampak tidak terlalu netral alias lebih sedikit berwarna, bisa dengan bermain dengan warna bunga dekor dan lampu penahayaannya. Bisa saja pilih bunga yang ada warna kuning, hijau, putih dan merah. Intinya, banyak-banyaklah konsultasi dengan tim apa yang kita inginkan. 

Satu tips lagi, jika kalian ingin memakai hijab, bicarakanlah dengan penata riasnya. Terkadang ada kan yang belom begitu mahir mengkreasikan hijab untuk kebaya pernikahannya. Oleh karena itu, baiknya lihat hasil make up nya yang dulu-dulu. Kan biasanya mereka punya tu. Jika kamu ingin hijabnya menutup dada, atau ingin hijabnya dikreasikan apalah apalah, bicarakan juga diawal. Jadi tim make up nya juga sudah tahu nanti pas hari H jadinya seperti apa.

Puanjaaaaaang ya penjelasannya. Hehe..
Sekali lagi saya tekankan, bukan berarti saya ahlinya. Bukan berarti punya saya yang paling bagus dan benar. Saya hanya memberikan masukan saja, karena saya sudah mengalaminya.

Semoga tips-tips tadi bermanfaat ya! Selamat mempersiapkan segalanya dan semoga lancar sampai tanggal pernikahannya!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar