Senin, 23 Maret 2015

Resep tempe mendoan renyah dan enak


Gorengan menjadi camilan wajib di keluarga saya. Suami saya paling suka kalau dibikinin segala macam gorengan, apalagi tempe mendoan. Jadinya boros minyak nih, buebu. Tapi saya lebih suka goreng sendiri dan rela boros minyak dari pada beli di pinggir jalan. Bukannya apa-apa sih, cuma lebih higenis aja gitu. Saya juga kadang-kadang beli gorengan di dekat rumah kalau lagi malas goreng-menggoreng.


Untuk membuat tempe mendoan yang renyah itu gampang. Cukup tambahkan tepung beras di adonan tempe mendoannya. Perbandingannya (kalau saya) 5:1. Dan juga, biar adonan tepungnya tidak alot saat habis digoreng, jangan telalu sering diaduk ya, Buebu.

kekentalan adonannya juga harus pas. Jangan terlalu encer. Nah, biar tambah sedap, dan berasa khas tempe mendoannya, bisa ditambahkan irisan daun bawang. Disini saya mau membagikan resep tempe mendoan ala saya sendiri.

"Bedanya apa sama resep yang lain?"

Sama aja. Yang beda cuma karena saya yang nulis aja. Hehe..

Resep tempe mendoan


  • Tempe papan, iris tipis
  • Daun bawang iris
  • Tepung terigu
  • Tepung beras
Bumbu halus
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt merica bubuk (bisa pake merica butiran juga)
  • garam(secukupnya)
  • gula (secukupnya)
  • royco (opsional, bisa pake bisa engga)
Cara membuat;
  • Uleg semua bumbu halus, bawang putih, merica, garam dan gula. Campur tepung terigu dan tepung beras dalam wadah. Masukan bumbu halus yang sudah diuleg dalam campuran tepung. Beri air secukupnya sampai dengan kekentalan adonan yang diinginkan. Setelah itu masukkan irisan daun bawang.
  • Panaskan minyak. Celupkan tempe kedalam adonan tepung. Goreng hingga kuning kecoklatan. Sajikan dengan saos atau bisa juga cabe
Silahkan di praktekkan, Buebu :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar